Article

MENGENAL ROTI

Roti adalah produk makanan yang terbuat dari fermentasi tepung terigu dengan ragi atau bahan pengembang lainnya, kemudiaan dipanggang. Sejak beberapa ratus tahun yang lalu, roti banyak dikonsumsi di berbagai Negara, seperti Cina, India, Pakistan, Mesir dan berbagai Negara Eropa. Ada perbedaan jenis, ukuran, bentuk dan sususnan roti yang disebabkan oleh kebiasaan makan di masing-masing Negeri.

Pada awalnya, roti dibuat dari bahan yang sederhana dengan cara pembuatan yang sederhana pula. Caranya, roti dibuat dari gandum yang digiling menjadi terigu murni dan dicampur air, kemudian dibakar di atas batuan panas atau oven. Dengan berkembangnya teknologi , maka tercipta roti yang lebih bervariasi baik dari segi ukuran, penapilan, bentuk, rasa dan bahan pengisiannya karena adanya pengaruh terhadap perkembangan pembuatan roti yang meliputi aspek bahan baku, proses percampuran dan metode pengembangan adonan.

Kalo anda berpikir roti itu itu sekedar roti tawar, roti manis, dll. Wah.. ternyata anda salah besar. Di dunia ini banyak sekali macam roti Roti beraneka jenisnya, adapun penggolongannya berdasrkan rasa, warna, nama daerah/Negara asal, nama bahan penyusun dan cara pengembangan.

  1. Roti berdasarkan rasa

Roti mania adalah roti yang mempunyai cita rasa manis yang menonjol, bertekstur empuk dan diberi bermacam-macam isi. Selain rasa, daya tarik roti istimewa tersebut terletak pada bentuk yang menarik. Roti manis tersebut umumnya disantap sebagai kudapan (snack), hidangan sarapan yang istimewa pada hari raya tertentu, atau teman minum teh. Ada juga roti manis yang disajikan sebagai makanan penutup (dessert). Sementara roti tawar adalah roti yang dibuat dari adonan dengan sedikit gula atau tidak sama sekali, penggunaan gula pada pembuatan roti tawar hanya digunakan dalam perepatan proses fermentasi.

  1. Roti berdasarkan warna

Roti berdasarkan warnanya, roti dibedakan menjadi roti puih (white bread) dan roti cokelat (brown bread). Semua produk putih umumnya dibuat dengan tepung terigu. Roti tersebut mempunyai isi atau remah (crumb) berwarna putih cerah dan kulit (erust) berwarna cokelat muda. Sementara roti cokelat pada dasarnya terbuat dari tepung gandum hitam sedang dan gelap. Jenis roti cokelat lebih kaya gizi dan rasa dibandingkan dengan produk roti putih.

  1. Roti berdasarkan asal Daerah/Negara

Adapun penggolongan berdasarkan Daerah/Negara, roti dibedakan menjadi roti Perancis, roti Itali, roti Wina dan roti Belanda.

Roti Perancis terbuat dari formula yang tidak mengandung lemak dari adonan asam. Roti yang berbentuk panjang seperti tongkat ini berkerak tebal, keras, bersifat asam, serta berlubang besar sehingga remahnya kurang.

Roti Itali terbuat dari adonan dengan formula yang tidak mengandung lemak sama sekali. Roti yang berbentuk panjang dan runcing tersebut dapat dipatahkan dengan mudah. Kerak rotinya tebal dan keras serta remahnya kering dan susunannya kasar.

Roti Wina adalah roti yang butirannya lebih terbuka dan berlubang-lubang, remahnya kering dan susunannya kasar. Roti wina yang terkenal berbentuk runcing dan terdapat gurat-gurat diagonal serta dihiasi taburan wijen.

Roti Belanda banyak ditemukan berupa roti sup (dinner roll). Bentuk permukaanya mengerak dan garing, tetapi bagian dalamnya sangat lebut.

beberapa macam roti berdasarka asal negara

Quote:


Bagel: Adalah Roti Spesialis dari daerah Yahudi, dengan bentuk bulat seperti donat, tapi interiornya lebih padat. Biasanya bagel di sajikan pada saat sarapan, dibelah, dibakar dan diolesi keju krim. Adonan bagel biasanya diperkaya dengan kismis, blueberry, bawang, biji-bijan atau kadang bumbu daun.


Bialy. Roti dari daerah Yahudi ini berbeda dengan bagel, karena tidak berbentuk cincin, hanya memiliki “kawah” di bagian atasnya, yang biasanya diisi irisan bawang bombay.


Bolillo (baca: Boliyo) atau Pan blanco (baca: Pan blangko), adalah roti Meksiko dengan kulit keras yang biasanya dibelah dan dipakai sebagai dasar sandwich.


Breadsticks = Grissini = Italian breadsticks. Restoran di Italia sering menyajikan roti renyah ini sebelum makanan disajikan, sehingga tamu yang ada tidak bosan tapi juga tidak kekenyangan. Biasanya roti ini selain polos, juga diberi rasa dengan wijen, bawang, atau dedaunan.


Brioche (baca: Briyose). Roti empuk dengan rasa yang kaya dan sedikit manis ini dibuat dengan telur dan mentega, ragi dan tepung, dan terkadang ditambahkan buah atau kacang-kacangan.


Challah = hallah = challa (baca: Hahlah). Roti beragi asal daerah Yahudi ini diperkaya dengan telur dan mentega. Sangat empuk dan kaya, dan biasanya ditemukan dalam bentuk dikepang.


Ciabatta (baca: Cahbahtah), secara harfiah berarti sendal. Adalah roti “kasar” dari Itali dengan ciri kulit yang tebal dan bagian interior nag padat.


Corn rye bread: Adalah bahan makanan pokok untuk sandwich dari daerah Yahudi. Roti ini dilapisi tepung jagung dan sering di sajikan bersama dengan daging kornet.

Leave a comment